Selasa, Oktober 09, 2007

SMS

SMS - Short Message Services. Sebagai sebuah pesan singkat yang ajaib. SMS di handphone mampu membuat orang lupa diri. Seperti sihirnya Harry Potter yang membius seluruh dunia dengan umus caribus lupus. Bagaimana tidak lupa diri ? Diatas sepeda motor, anak anak muda sambil nyetir dengan tangan kanan, tangan kirinya menulis sms. Berkendaraan mobil, satu tangan pegang setir, tangan lainnya menulis sms. Sambil jalan jalan di trotoar, di mall, di pasar, di bis, di kereta, di rumah, di kebun, di kamar mandi, ketika dapat sms langsung saja menjawab. Tanpa tenggang waktu.
SMS juga mengalir ke handphone saya ketika puasa akan mulai. Isinya macam-macam.
  1. Rinduku pada ramadhan bgi lautan yg tak trbts. ktika ramadhan dipelupuk mata, dgn sdl kredhan hati sbg makhluk yg jauh dr kesempurnaan mohon maaf lahir dan batin ats sgl slh dan khilaf. Dan... kta mjd hamba yang beroleh kemenangan diakhir rmdhan! amin! - SMS saya terima dari Nasuha, guru SMK di Ponorogo
  2. Seorg saudara yg sjati, akn menguatkn qt dg doa, membrkahi qt dg cinta, dan membri qt semangt dg beribu harpan, utk kluarga yg tak prnh lelah menuju kesempurnaan. Selamat menunaikan ibdh puasa. Mhn maaf lhr & batin. - SMS saya terima dari Purwadi Sumantri teman kuliah di IKIP Yogyakarta yang sekarang menjadi Guru SMK di Sleman Jogja
  3. Walau langkah tak bertemu, mata tak bertatap & tangan tak berjabat, namun kata maaf hrs terucap, agar dibulan suci mendapat ridho illahi, marhaban ya ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa. Mohon maaf lahir & batin. - SMS saya terima dari Instruktur Muda di VEDC Malang, staf saya di bagian Customer Service
  4. Harta yang paling berharga adalah "Amal" Teman paling setia adalah "Sabar" Ibadah paling indah adalah "ikhlas" Identitas paling tinggi adalah "Iman" Pekerjaan paling berat adalah "Memaafkan". Dengan segala kerendahan hati kami sekeluarga memohon maaf lahir dan bathin. Selamat menunaiakn Ibadah Puasa - SMS saya terima dari Nurzal Noer, teman kuliah di IKIP Yogyakarta yang sekarang menjadi Kepala Sekolah SMP di Aceh.
  5. Bulan penuh barokah dan ampunan sudah iba, Mari kita sambut dengan penuh suka cita. semoga ibadah puasa dan ibadah lainnya diterima Allah swt sehingga kita mendapat derajat mutaqin. Mohon Maaf lahir dan batin - SMS saya terima dari Dachlan, kepala sekolah SMK di Tanjung Pinang. Orang yang saya kenal karena pergi bersama ke Jerman.
  6. Ass.wr.wb. Alhmdlh, krn kuasa 4JJI SWT qt diprtmkn ld dg Rmdn 1428 H. Jw-rg ini biarlah mereguk nikmatnya dm hdp & khdp yg lbh baik lg " la'allakumtattaquun" Slmt brpuasa.Mhn mf lhr-btn.Smg 4JJI mmbrkt qt sll. Amin. Tks. Wass. - SMS ini saya terima dari Irwan Gunadhi, teman kuliah di IKIP Yogyakarta yang sekarang menjadi sales sepeda motor di Yogyakarta
  7. Kadang mata salah melihat, mulut salah berucap, hati salah menduga. Maafkan segala khilaf kami untuk jelang bulan suci ramahan. Selamat berpuasa. - SMS ini saya terima dari Sentot Hargiardi, teman kuliah di IKIP Yogyakarta sekaligus teman KKN yang sekarang menjadi guru di SMK 2 Yogyakarta.
  8. Jika semua harta adalah racun maka zakat lah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa maka taqwa dan tobat lah obatnya. Jika slrh bulan adlh noda maka rmdhn penawarnya. Trm sblmnya. Maaf lahir dan batin, selamat berpuasa. Marhaban yaa ramadhan. Wass. - SMS ini saya terima dari Bambang Eko, teman SMAN 3 Madiun, yang sekarang menjadi kontraktor di Jakarta.
  9. Harta yang berharga adl sabar, tmn yg setia adl amal, bhs yg indah adl senyuman, ibadah yg mulia adl ikhlas, pekerjaan yg berat adk memaafkan "marhaban ya Ramadan" maafkan segala salah & khilap kami - SMS yang saya terima dari Masnunawati, teman Adum Tk III yang berasal dari Politeknik Banjarmasin
  10. Ass wr wb. Bln agung penuh berkah & bln penegakan syarikh dan khifah akan tiba, mari kt sambut dtgnya dg hati suci tuk raih ridlo illahi. Smg Allah beri kkuatan melaks puasa ditahun in dg sukses. Amin. Mhn maaf bnyk kilaf. Wass wr wb - SMS dari Kodrat Pribadi dulu bekerja di SAKTI, yang sekarang saya gak tahu ada dimana.
  11. Masih ada sms yang saya terima sampai 115 sms. Terlalu panjang kalau saya tulis semuanya.
Apa yang bisa kita simpulkan ? Tiba tiba seseorang bisa menjadi seorang penyair. Puitis lagi. Kalimat kalimat di SMS layaknya puisi seperti air yang mengalir. Sangat lancar. Yang lebih khas, kalimatnya banyak yang disingkat. Yang kadang kadang saya harus berkerut muka untuk bisa membacanya. Mungkin ini perlu kamus SMS untuk singkatan yang diperbolehkan.
15 tahun yang lalu saya pernah membaca bahwa di Indonesia, nomor satu yang paling banyak singkatannya adalah ABRI. Nomor dua yang sering menyingkat adalah Guru. Sekarang hal itu kelihatannya harus diubah. Sayang belum ada survey dan risetnya. Mungkin saat ini yang menjadi juara menyingkat adalah pemilik handphone. Padahal hampir separoh orang sejagat ini tiap hari pegang HP. Berarti, semua menjadi juaranya.
SMS sudah mengalahkan pamor dari kartu kartu ucapan yang dijual selama ini. Kalau dulu untuk mengucapkan puasa, lebaran maupun tahun baru harus dengan kartu. Sekarang cukup dengan SMS. Praktis dan pasti sampai.
Jika berbicara kartu ucapan, memori saya jadi ingat 20 tahun lalu. Saat itu saya baru menikah dengan isteri, Jarweni Meindarwati, yang telah saya pacari selama 6 tahun. Untuk bisa hidup agak cukup, setiap bulan puasa saya selalu membuat kartu kartu lebaran. Kertas saya potong sebesar kartu, saya lukis dengan weter fereb (water colour). Saya membuat agak banyak. Semua kartu saya titipkan ke beberapa toko. 1 toko saya titip sebanyak 10 kartu. Toko yang lain juga saya titipi 10 kartu. Saya titip ke 4 buah toko. Setiap akhir minggu, saya cek penjualannya. Bila belum terjual, kartunya saya lukir. Yang dari toko A ke toko B. Yang dari toko C ke toko D. Demikian saya lakukan hampir satu bulan. Kartu diputar putar dari toko satu ke toko lainnya agar terlihat sebagai sesuatu yang baru.
Hasilnya ? Alhamdullilah bisa membantu kehidupan saya di bulan tersebut. Hal ini saya kerjakan setiap musim lebaran hampir selama 5 tahunan. Dibalik kekurangan gaji saya sebagai pegawai negeri menjadi guru di STM 1 Singosari Malang, ternyata muncul sebuah kreativitas. Hal ini ternyata juga yang akan mengubah nasib dan kehidupan saya kelak dikemudian hari. Saya bangga menjalaninya, karena pada hari lebaran, saya mempunyai uang, yang walau tidak besar, bisa saya gunakan untuk berlebaran bersama keluarga.
Sekarang, jaman sudah berubah. Era informasi telah membuat segalanya lebih mudah. Pencet dan pencet. SMS dibuat, dikirim. Sedetik sampai ke alamat.


Joko Win
Lebaran kurang 3 hari



1 komentar:

Unknown mengatakan...

sangat inspiratiff...