Sabtu, Maret 05, 2011

SEPEDA : BERKAWAN DENGAN SEJARAH

Sepeda....
Saya sudah membeli sepeda lipat merk "Downtube Nova".

Sesuatu yang pada awalnya sulit saya bayangkan.
Karena sepeda tersebut merupakan sepeda lipat, teknologi baru, masih new release, dan yang pasti harganya merogoh kantong agak dalam.

Lalu....

Saya jadi teringat masa lalu.....

Mulai SMA sampai Perguruan Tinggi saya selalu memakai sepeda.

Sepeda pancal, sepeda onthel dan bukan sepeda motor.

Sepeda perempuan di SMA

Semasa SMA di tahun 1976 - 1979 saya memakai sepeda onthel yang orang bilang saat ini merupakan sepeda tempo doeloe.

Sepeda milik bapak saya ada dua, sepeda laki laki, karena ada palangnya ditengah, dan sepeda perempuan karena gak ada palangnya ditengah sepeda.

Sepeda sepeda tersebut kalau dijalankan bunyinya klitik klitik tanda lancar jalannya.

Agar sepeda selalu cling, kalau membersihkan agar mengkilap selalu memakai semir.

Setiap hari sepeda saya pakai
.
Seringkali saya gantian dengan sepedanya bapak.
Pas bapak gak pakai, sepeda saya pakai.
Saya ingin kelihatan gagah dengan sepeda laki lakinya.

Itu berlangsung bertahun tahun.

Sepeda perempuan yang saya pakai kadang kadang suka menjengkelkan.

Sehari hari kalau saya pakai, lancar lancar saja.

Tapi pas untuk menggonceng cewek, seringkali rantainya lepas alias loss.
Jadinya, acara nggonceng menggonceng jadi terganggu
( yang harus saya ingat : cewek yang sering saya gonceng tersebut sekarang jadi isteri saya, dan telah melahirkan 3 anak laki laki hahahahahaaaaaaa )


Lalu

Tibalah saat itu...

Sepeda laki laki bapak yang sangat disayanginya harus dijual.

Karena untuk memenuhi kebutuhan makan bapak, ibu dan 5 anak anaknya.

Saya melihat betapa bapak sangat sedih waktu itu.

Bapak yang seorang guru Sekolah Dasar harus merelakan sepeda kesayangannya....


Lalu...

Sepeda yang biasa saya pakai, akhirnya dipakai bapak.

Agar sebagai seorang guru tidak terlambat mengajar murid muridnya.

Perjuangan bapak, darma bakti yang tidak bisa diukur dengan materi

Kebetulan...

Pada saat itu kakak saya sudah lulus sarjana muda dari IKIP Surabaya.

Sepeda jengki yang tidak baru kondisinya yang selama ini dipakai, dibawa pulang kerumah.
Saya akan menjadi penerusnya...

Sepeda Jengki di saat kuliah

Ketika saya kuliah di Jogja, tahun 1979 - 1983 sepeda jengki tersebut menjadi teman setia.
Pulang pergi kuliah, mengitari kota Jogja, bimbingan skripsi, sepeda jengki menjadi kawan setia.
Banyak teman bersepeda motor, tapi saya harus tau diri, bangga dengan yang saya miliki.
Sampai lulus, sepeda jengki tersebut tetap saya pakai.
Bahkan...
Setelah lulus, saya bersepeda dari Jogja ke Madiun tempat asal saya.
Sendirian.

Bersepeda pancal.

Berangkat dari Jogja jam 11 malam, sampai di Madiun jam 6 sore hari berikutnya.

Tekad yang kuat membawa saya bisa sampai dirumah dengan selamat....







 Lalu...
Sepeda tersebut saya taruh di rumah Madiun.

Selanjutnya dipakai adik saya kuliah di Madiun
.
Kadang kadang...
Sering sepeda jengki tersebut saya pakai atau bapak pakai.

Untuk mengenang saat saat yang pernah dialami.
Setelah adik saya lulus...

Sekarang sepeda tersebut digantung di gudang.




Sejalan dengan usia dan keguanaannya, sepeda jengki tersebut layak dapat bintang.
Telah membawa kakak saya lulus kuliah.

Menghantarkan saya lulus kuliah.

Juga menghantarkan adik saya lulus kuliah....


Sekarang
Saya telah membeli sepeda pancal Merk Downtube versi Nova keluaran terbaru.

Bentuknya yang sepeda lipat, membuat dengan mudah bisa dibawa kemana mana.
Bisa dimasukkan dimobil kalau kita bepergian.
Atau
bisa dilipat dan dipanggul kalau melewati persawahan.
Beratnya yang hanya 10,6 kg membuat badan makin sehat.


Jaman memang sudah berganti.

Tetapi kenangan akan perjuangan orang tua, saya yang bersepeda sejak dulu kala tidak akan pernah lupa
.
Membuat kita menjadi selalu bersyukur atas apa yang dimiliki sekarang.
Perjuangan atas hidup dan kehidupan memang harus berjalan.
Sejalan dengan usia yang terus merambat dan menua

JOKOWiN
Sabtu 5 Maret 2011

3 komentar:

Unknown mengatakan...

brp harganya?beli dimana?aku juga pingin beli

jokowin mengatakan...

banyak jenisnya sepeda lipat, harganya tergantung bahannya. yang dari besi agak murah sedangkan yang full aluminium harganya lumayan.
untuk downtube nova, belinya on line melalui internet. untuk kawasan jawa timur sampai papua bisa beli di malang krn distibutornya berpusat di malang.

Xeralic World mengatakan...

alamat distributorNy di Malang dmn y mas?