Senin, November 12, 2007

PERGI KE JEPANG




April 2007
Jepang. Sebuah negara yang saya tidak pernah membayangkannya. Apalagi pergi ke negara matahari terbit ini. Saya berkesempatan pergi ke Jepang karena mengantarkan 30 anak anak peserta magang di perusahaan di Jepang. Kerjasama antara VEDC Malang dengan Asian Youth Centre sebagai lembaga pengirim.

Kebetulan bulan April 2007 pas musim dingin tiba. Kebetulan pula pas mengembangnya bunga sakura.
Jadi.... indahnya Jepang dengan sakuranya sangat mewarnai kehidupan warga Jepang sehari hari. Hal ini belum pernah saya temui
di Indonesia.
Memang di Indonesia tumbuh bunga sakura, tetapi sangat berbeda spesiesnya. Di Indonesia jenis bunganya dengan kelopak yang kecil kecil, sedangkan di Jepang kelopak bunganya lebih besar.
Banyak kegiatan yang saya lakukan di Jepang. Mulai melihat tempat tidur peserta di asrama, tempat belajar bahasa, sampai dengan tempat kerja mereka. Hasilnya ? semua perfect.
Makan terjadwal waktunya.
Kerja terjadwal waktunya

Hal lain yang saya kerjakan ?

Tentunya jalan jalan di Tokyo. Dengan fasilitas yang modern tetapi budaya timur tetap dipertahankan. Masih banyak orang orang pakai kimono ditengah hiruk pikuk peradaban modern yang mereka terapkan.
Saya mengunjungi daerah pertokoan yang kesemuanya menjual game game keluaran terbaru. Mulai dari PS, CD, DVD, Film sampai komik komiknya. Fantastis....

Disisi lain, saya berusaha berkunjung ke Perusahaan di Jepang. Hasilnya ? Beberapa perusahaan di Jepang ingin bekerjasama dengan VEDC Malang dalam kerangka menambah jumlah peserta untuk pemagangan Indistri yang dikelola Asean Youth Centre.


Joko WiN
November 2007



4 komentar:

Anonim mengatakan...

Pak apa VEDC masih mengadakan magang ke jepang? terima kasih

Herlands Kagurazaka mengatakan...

pak... masih mengadakan pergi ke Jepang lagi apa gak...
dari dulu saya mau banget nihh pergi ke Jepang.

Gou-kun mengatakan...

Pak... apa masih mengadakan magang ke jepang lagi.... ingin sekali pergi ke jepang....

Anonim mengatakan...

makasih infonya gan....... aku akan menyusul gan........