Sabtu, Oktober 11, 2008

LEBARAN 2008

Lebaran kali ini ada yang menarik.
Akhirnya lebaran 2008 datang jua. Minal Aidin wal Faizin. Mohon Maaf lahir dan Batin.
Baru kali ini, lebaran di Indonesia semua bersamaan waktunya. Setelah beberapa tahun selalu berbeda. Menurut NU hari ini, menurut Muhammadiyah hari lainnya. Selalu berbeda.
Kalau menurut saya, saya akan berlebaran sesuai dimana saya tinggal. Kalau pas di kota Malang, ya ikut lebaran umumnya di kota Malang. Selagi di Madiun, ya ikut umumnya lebaran di Madiun. Yang penting percaya, yakin dan dijalani saja. Easy going aja lah…
Dalam manajemen ada istilah 10, 30, 60 artinya kalau ada sesuatu yang berbeda atau pendapat yang baru, ada 10 % yang setuju, 60 % yang tidak setuju dan 30 % ya ikut sana ya ikut sini… jadi saya yang 10 % aja…

Lebaran kali ini ada yang ajaib.
Sebulan sebelum lebaran saya dan isteri belum bisa membayangkan bagaimana zakat kami bayar, sodaqoh kami laksanakan. Belum ada bayangan. Yang ada sejumlah doa kami panjatkan sepanjang bulan puasa, agar rejeki yang kami peroleh bisa berbagi dengan lingkungan sekitar yang membutuhkan. Dan… muncullah keajaiban itu. Seminggu sebelum lebaran, ada rejeki yang kami peroleh. Alhamdullillah. Gusti Alloh menunjukkan kuasanya. Ada yang berbagi rejeki dari system yang ada, sehingga kami bisa berzakat, bersodaqoh sesuai dengan ajaran Nabi. Jadi, jangan pernah berhenti berdoa. Dada menjadi lapang, langkah menjadi ringan.

Lebaran kali ini ada yang haru.

Pertemuan keluarga trah Sulaeman Hardjosudarmo dilaksanakan di rumah adikku di Singosari Malang. Ada sekitar 60 orang yang hadir. Ada yang sudah sepuh. Ada yang sudah punya putra putrid baru. Ada yang sedang hamil. Ada yang baru menikah. Semua ramai. Senang, bahagia. Makan enak, perut kenyang, hati senang.
Saya menyerahkan 2 buah frame foto orang tua. Sebuah berukuran 50/90 cm foto tahun 1955 ketika bapak ibu masih lajang . Foto lain ukuran 50/70 cm yang menunjukkan foto bapak dan ibu sedang ketawa dalam umurnya yang sudah sepuh di tahun 2008. Semua yang hadir hanya bisa terlihat ketawa campur haru…
























Lebaran kali ini ada yang baru.
Kami sekeluarga diundang untuk kenalan dengan orang tuanya pacarnya anakku yang pertama. Kami bertemu di rumah makan Bale Air miliknya di daerah Pandaan. Kami berbincang layaknya saudara yang lama tak bertemu. Sambutan keluarga yang hangat dan Makanan yang lezat. Semua tidak bisa diungkapkan dengan kata. Terima kasih Pak Sus dan keluarga. Juga buat Prita kekasih anakku pertama.

Lebaran kali ini ada musik.
Sejak dulu saya suka main gitar. Demikian juga anak-anak. Saya usahakan mereka bisa bermain gitar. Baru lebaran kali ini, kami membeli gitar Yamaha yang baru. Harganya lumayan untuk ukuran kantong saya. Sekarang denting gitar sudah terdengar setiap hari. Bermusik untuk menemani waktu sehari hari. Indahnya ….

Lebaran kali ini ada peningkatan.
Kali ini, saya menerima sms lebaran sebanyak 134 sms. wow... luar biasa. Berarti jumlahnya meningkat dari tahun tahun kemarin. Tahun ini saya mendapatkan sms dari teman dikantor lama dan teman dikantor baru. Otomatis jumlahnya meningkat 100 %. Alhamdullillah masih diingat teman lama. Semoga saya tetap bisa menjaga ingatan dan kenangan yang ada.

Lebaran kali ini...



JOKO WiN
1 Oktober, Lebaran 2008





2 komentar:

Wahyu Purnomo mengatakan...

Pak Joko Win, Minal Aidin wal Faizin. Mohon Maaf lahir dan Batin. Selamat dan sukses untuk keluarga ya...

Anonim mengatakan...

sami sami mas. selamat hari raya juga. maaf lahir dan bathin. kondur jawa tengah mas ?