Senin, September 01, 2008

PUASA 2008

Hari ini puasa hari pertama. Ada yang baru bagi saya.
Ini puasa pertama saya di institusi baru yang sekarang saya ada disana.
Di institusi ini, saya mencoba untuk mengusulkan agar ada BUKA PUASA BERSAMA yang dilaksanakan dari rumah ke rumah. Satu rumah dikunjungi kurang lebih 10 orang. Hal ini selain buka puasa bersama termaksud didalamnya untuk silaturahim antar teman kerja. Dari sisi hubungan kekeluargaan juga menjadi jembatan yang baik bagi hubungan sesama.
Alhamdullilah, beberapa orang setuju untuk mengundang buka puasa bersama.
Semoga puasa kali ini akan menjadi lebih bermakna.


Ketika puasa akan tiba, saya menerima sebanyak 43 sms yang intinya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. Tetapi cara penyampaiannya tidak ada yang sama satu dengan lainnya. Saya akan tuliskan beberapa diantaranya :

  1. Jika hati seputih awan, jangan biarkan ia menjadi mendung. Jika hati seindah bulan hiasi ia dengan iman. Marhaban ya ramadahan. Maka dengan kerendahan hati kami mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita kembali ke fitri. Amin.
  2. Dulu kita tak sempat, kini mungkin tak dapat, esok wallaahuallam, namun tali silaturahmi tetap terjalin erat, bermaafan walau tangan tak berjabat erat. Marhaban ya ramadhan yang penuh rahmat.
  3. Puasa minangka bentenging diri tumuju drajat ketaqwaan, ngekang diri saking dhedhaharan lan ngunjuk senajan halal, mangka rinaos enteng ngekang sadaya ingkang haram. Duh Gusti Alloh nyuwun kekuatan klawan puasa mugi enteng handindakaken.
  4. Tebing tinggi dapat didaki. Dendanm dihati susah dijajaki. Jelang ramadhan bersihkan hati. Kikis semua benci dan dengki. Mohon maaf sepenuh hati. Semoga kita bisa menikmati ramadhan nan suci.
  5. Jiwa besar kan kita miliki melalui ketinggian ilmu, ketajaman akal, rasa dan kebijakan dalam bersikap. Marilah di bulan yang suci ini kita bersihkan diri dari debu debu dosa dan kotoran kotoran hati yang menghambat kekhusukan dan keikhlasan kita beribadah padaNya. Mohon maaf lahir dan bathin.
  6. Marhaban ya Ramadhan. Ramadhan ini penuh BBM – Bulan Barokah Maghfirah; Tingkatkan PREMIUM – Prei Makan Minum; SOLAR – Sholat lebih rajin dan MINYAK TANAH – Meningkatkan Iman, banyak tahan nafsu dan amarah; serta PERTAMAX – Perangi Tabiat Maxiat. Jangan lupa isi PULSA – puasa lebih sabar. Mohon maaf lahir dan bathin.
  7. Semoga bisa memberikan kebaikan untuk semua.
    Petik Hikmahnya
    Yang singkat itu WAKTU; Yang dekat itu MATI;Yang besar itu NAFSU; Yang berat itu AMANAH; Yang sulit itu IHKLAS; Yang mudah itu BERBUAT DOSA; Yang abadi itu AMAL KEBAJIKAN; Yang diinvestigasi itu AMAL PERBUATAN; Yang akan diaudit itu APA YANG KITA MILIKI; Tetapi yang terindah itu kita mau dan bisa SALING MEMAAFKAN. Bersihkan hati dan sucikan diri jelangRamadhan. Selamat berpuasa. Mohon maaf lahir dan bathin.

Saya jadi berharap, puasa kali ini bisa lebih bermakna dari saat lalu.
Banyak doa dan usaha.
Semoga...

JOKO WiN
1 Sept 2008

2 komentar:

Wahyu Purnomo mengatakan...

Walau hati tidak sebening XL dan tidak secerah MENTARI.
Banyak khilaf yang buat FREN kecewa, kuminta SIMPATI-mu untuk BEBAS kan
dari ROAMING dosa dan kita semua hanya bisa mengangkat JEMPOL kepadaNya
yang selalu membuat kita HOKI dalam mencari kartu AS selama kita hidup
karena
kita harus FLEXIbel untuk menerima semua pemberianNYA dan menjalani
MATRIX
kehidupan ini… dan semoga amal kita tidak eSIA-eSIA.. dan kita selalu HEPI

Selamat menjalankan ibadah puasa
Mohon maaf lahir bathin untuk Pak Jokowin dan Kelg.

wahyuPur

Anonim mengatakan...

matur nuwun mas.
selamat berpuasa juga