1.
Pendahuluan
Sejalan dengan perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin melaju dengan pesat, maka
kebutuhan tentang konsep mekanisme belajar mengajar dalam bidang pendidikan
berbasis Teknologi Informasi (TI) menjadi hal yang sangat penting.
Banyak konsep yang telah
dikembangkan, salah satunya adalah Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) yang merupakan salah satu cara
dalam proses belajar mengajar, dimana pembelajaran jarak jauh (distance Learning) ini memanfaatkan teknologi komputer, jaringan
komputer dan Internet. Atau E-learning sering
pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses
dari intranet di jaringan lokal atau internet (Rosenberg,
2009).
Dengan adanya E-learning, sangat dimungkinkan peserta didik
untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus
secara fisik pergi mengikuti pelajaran di kelas.
E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan dunia teknologiinformasi dan komunikasi.
Bahan-bahan pembelajaran yang
digunakan, biasanya diakses melalui sebuah jaringan, dan berasal dari
banyak sumber. Sumber-sumber tersebut bisa berasal dari website, internet, intranet, CD-ROM, maupun dari DVD.
Peserta didik dapat mengakses internet melalui fasilitas kabel atau modem di jaringan komunikasi baik telpon atau
handphone (HP). Cara menggunakan E-learning sebagai metode pembelajaran
sebenarnya tidak sulit karena melihat sudah banyak peserta didik yang memiliki
akun jejaring social facebook atau twitter.
Konsep E-learning ini telah
merubah terjadinya proses transformasi pendidikan yang semula dalam bentuk konvensional
ke dalam bentuk digitalisasi, baik untuk isi materinya maupun sistem yang
diterapkannya.
Dengan E-learning diharapkan
mampu untuk mempercepat proses transfer pengetahuan, keterampilan dan perilaku
kepada peserta didik yang membutuhkannya dengan
bantuan Teknologi Informasi secara
cepat, efisien, dan fleksibel tanpa mengurangi esensi pembelajaran yang ada di
kelas konvensional. (Verduin,
J.R. & Clark, 2011).
2.
Perkembangan E-learning
Pembelajaran
E-learning mempunyai sejarah yang
sangat panjang. Menurut Wikipedia, pertama kali E-learning diperkenalkan oleh Universitas Illinois di Urbana-Champaign dengan menggunakan sistem
instruksi berbasis komputer (computer-assisted instruction ) dan komputer
bernama PLATO.
Perjalanan E-learning
dari masa ke masa, meliputi :
a. 1990, era CBT (Computer-Based Training) di mana mulai bermunculan aplikasi e-learning yang dijalankan dengan PC standlone ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Isi materi dalam bentuk
tulisan maupun multimedia (Video dan Audio) dalam format mov, mpeg-1 atau avi.
b. 1994, sejalan dengan
diterimanya CBT oleh masyarakat, CBT mulai muncul
dalam bentuk paket-paket yang lebih menarik dan diproduksi secara massal.
c. 1997, munculnya LMS
(Learning Management System). Sejalan dengan perkembangan teknologi internet, masyarakat di dunia mulai
terkoneksi dengan internet. Kebutuhan masyarakat akan informasi global yang dapat diperoleh dengan cepat mulai dirasakan sebagai suatu kebutuhan mutlak, dan jarak serta lokasi bukanlah halangan lagi.
Dari sinilah muncul LMS. Perkembangan LMS yang makin pesat membuat pemikiran baru untuk mengatasi masalah operasional antar LMS yang satu
dengan lainnya secara standar. Bentuk standar yang muncul misalnya standar yang
dikeluarkan oleh AICC (Airline Industry CBT Commettee), IMS, SCORM, IEEE LOM,
ARIADNE, dsb.
d. 1999,
sebagai tahun Aplikasi E-learning berbasis Web. Perkembangan LMS menuju aplikasi E-learning berbasis Web berkembang secara
total, baik untuk pembelajar (learner) maupun administrasi belajar mengajarnya.
Dalam perkembangannya, LMS
mulai digabungkan dengan situs-situs informasi, majalah, dan surat kabar.
Isinya juga semakin kaya dengan perpaduan multimedia, video streaming, serta memiliki penampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data
yang lebih standar dan berukuran kecil.
3.
Elemen E-learning
Definisi E-learning memiliki beberapa elemen tentang apa, bagaimana, dan mengapa dari E-learning (Moore, M.G. & Kearsley, 2010).
a. Apa; E-learning memasukkan isi, yaitu informasi, dan metode instruksional, yaitu teknik, yang membantu
orang mempelajari isi bahan ajar.
b. Bagaimana; E-learning didistribusikan melalui komputer dalam bentuk
kalimat dan gambar. Pendistribusiannya dapat dalam bentuk asynchronous yang didesain untuk belajar secara individu
dan dalam synchronous yang didesain dengan bimbingan dari instruktur secara langsung.
c. Mengapa; E-learning ditujukan untuk membantu peserta didik mencapai tujuan
belajarnya atau melakukan pekerjaannya.
4.
Tim E-learning
E-learning proses pembelajarannya memang diberikan melalui perangkat komputer (Willis, B,
2012). Tetapi dalam implementasi agar semua bisa berhasil
dengan prima, E-learning telah disiapkan, ditunjang,
dan dikelola oleh tim yang terdiri dari para ahli di bidangnya masing-masing, yaitu:
- Subject Matter Expert (SME) atau narasumber dari pelatihan yang disampaikan
- Instructional Designer (ID), bertugas secara sistematis mendesain materi dari SME menjadi materi E-learning dengan memasukkan unsur metode pengajaran agar materi menjadi lebih interaktif, lebih mudah dan lebih menarik untuk dipelajari
- Graphic Designer (GD), mengubah materi text menjadi bentuk grafis dengan gambar, warna, dan layout yang enak dipandang, efektif dan menarik untuk dipelajari
- Learning Management System (LMS). Ahli dibidang LMS ini bertugas mengelola sistem di website dan mengatur lalu lintas interaksi antara Pendidik dengan peserta didik, antar peserta didik dengan peserta didik lainnya.
5.
Manfaat
E-learning
Terdapat
beberapa manfaat E-learning yang bisa dikaji, antara lain
a.
Manfaat E-learning secara umum
- Fleksibel, peserta didik dapat mengakses untuk belajar dari konten pembelajaran ini kapan saja dan dimana saja
- Bertambahnya interaksi pembelajaran antara Pendidik dengan peserta didik
- Menjangkau peserta didik dalam cakupan letak geografis yang sangat luas
- Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi
- Lebih menghemat biaya dan waktu.
- Standar materi terjamin dengan baik.
- Kuota peserta tidak terbatas.
- Materi dengan penjelasannya dapat divisualisasikan dengan animasi yang interaktif.
b.
Manfaat E-learning bagi peserta didik
- Fleksibilitas belajar yang tinggi, peserta didik dapat mengakses bahan pembelajaran setiap saat dan berulang-ulang.
- Kemudahan mengakses materi, mendownload, mengerjakan soal, mendapatkan jawaban soal, melihat hasil ulangan atau ujian berupa nilai dan penjelasan soal yang salah.
- Interaksi dengan sumber belajar dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja, serta tugas-tugas pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada pendidik begitu selesai dikerjakan.
- Memungkinkan untuk tanya jawab langsung dengan pendidik atau teman diskusi melalui fasilitas chatting maupun email tidak dibatasi waktu dan tempat.
- Melatih pembelajaran secara mandiri, artinya peserta didik dapat mempersiapkan untuk mempelajari materi sebelum dijelaskan oleh pendidik
- Mengurangi biaya transportasi peserta didik menuju tempat belajar
c.
Manfaat E-learning bagi pengajar
- Pembuatan bahan ajar yang lebih dinamis dan efisien karena Pendidik lebih mudah melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan
- Tidak membutuhkan waktu tatap muka dikelas yang lama.
- Tidak terikat waktu dan tempat pertemuan.
- Pembentukan grup diskusi untuk para peserta didik yang bisa melibatkan pendidik tidak terbatas ruang dan waktu.
- Dapat memantau perkembangan peserta didik secara langsung dan terarsip.
6. Implementasi E-learning
Keberhasilan implementasi E-learning tidak hanya ditunjang
oleh perangkat teknologi informasi, tetapi juga oleh perencanaan, administrasi,
manajemen dan ekonomi yang memadai. Menurut Natakusumah( 2002), hal yang harus diperhatikan
adalah peranan dari para Pendidik adalah cara implementasi, cara mengadopsi
teknologi baru, fasilitas, biaya, dan jadwal kegiatan.
Pendidik yang pola pengajarannya menggunakan E-learning
harus mempunyai kemampuan pemahaman pada materi yang disampaikannya, memahami
strategi e-learning yang efektif, bertanggung jawab pada materi pelajaran,
persiapan pelajaran, pembuatan modul pelajaran, penyeleksian bahan penunjang,
penyampaian materi pelajaran yang efektif, penentuan interaksi mahasiswa,
penyeleksian dan pengevaluasian tugas secara elektronik. Studio pengajar perlu
dikelola lebih baik dari pada ruangan kelas biasa. Pendidik harus dapat
menggunakan peralatan, antara lain menggunakan audio, video materials, dan
jaringan komputer selama pembelajaran berlangsung.
Menurut Koswara (2006) kemampuan yang diperlukan Pendidik
untuk E-learning, meliputi :
a.
Mengerti tentang E-learning
b.
Mengidentifikasi karakteristik peserta
didik
c.
Mendesain dan mengembangkan
materi E-learning yang interaktif sesuai dengan perkembangan teknologi baru
d.
Mengadaptasi strategi mengajar
untuk menyampaikan materi secara elektronik
e.
Mengorganisir materi dalam format
yang mudah untuk dipelajari
f.
Melakukan training dan praktek
secara elektronik
g.
Terlibat dalam perencanaan,
pengembangan, dan pengambilan keputusan
h.
Mengevaluasi keberhasilan
pembelajaran, sikap dan persepsi para peserta didiknya.
7. Mengoptimalkan E-learning
Untuk menghindari terjadinya kegagalan implementasi E-learning, program-program yang perlu dioptimalkan terkait dengan kebutuhan pengguna E-learning:
Untuk menghindari terjadinya kegagalan implementasi E-learning, program-program yang perlu dioptimalkan terkait dengan kebutuhan pengguna E-learning:
- Untuk informasi mengenai unit-unit terkait dengan proses pembelajaran, misalnya tujuan dan sasaran, silabus, metode pengajaran, tugas, jadwal pengajaran, daftar referensi sebagai bahan bacaan dan kontak dengan pengajar
- Kemudahan untuk akses kedalam sumber referensi, misalnya bahan pembelajaran, contoh ujian sebelumnya, FAQ (frequently ask question), sumber-sumber referensi untuk pengerjaan tugas, situs-situs bermanfaat dan artikel-artikel dalam pembelajaran E-learning
- Dibangunnya komunikasi dalam kelas, misalnya adanya forum diskusi online, mailing list diskusi, adanya pengumuman yang menyediakan informasi tentang perubahan jadwal pengajaran, informasi tugas dan batas waktu pengumpulannya.
8. Contoh-contoh Portal E-learning
http://belajar.kemdikbud.go.id
Portal Rumah Belajar adalah portal yang di bangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memfasilitasi ketersediaan konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik, seperti bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi. Dengan portal ini diharapkan proses belajar mengajar akan semakin menarik dan menyenangkan sesuai dengan slogannya “Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja”
Untuk dapat memanfaatkan portal ini dengan optimal, pengguna harus registrasi, dan registrasi pengguna tidak dipungut biaya. Tujuan registrasi adalah untuk dapat dimonitor statistik pengguna portal ini. Dengan registrasi pengguna dapat meng-upload konten, mengunduh konten, komunikasi secara synchronous maupun asynchronous berupa forum, kelas maya serta bimbingan belajar yang ada di portal rumah belajar, sebaliknya jika tidak registrasi pengguna hanya bisa melihat konten yang ada di portal rumah belajar.
Portal Rumah Belajar adalah portal yang di bangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memfasilitasi ketersediaan konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik, seperti bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi. Dengan portal ini diharapkan proses belajar mengajar akan semakin menarik dan menyenangkan sesuai dengan slogannya “Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja”
Untuk dapat memanfaatkan portal ini dengan optimal, pengguna harus registrasi, dan registrasi pengguna tidak dipungut biaya. Tujuan registrasi adalah untuk dapat dimonitor statistik pengguna portal ini. Dengan registrasi pengguna dapat meng-upload konten, mengunduh konten, komunikasi secara synchronous maupun asynchronous berupa forum, kelas maya serta bimbingan belajar yang ada di portal rumah belajar, sebaliknya jika tidak registrasi pengguna hanya bisa melihat konten yang ada di portal rumah belajar.
http://bse.depdiknas.go.id/
Web yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan yang satu ini siswa-siswa tingkat SD hingga SLTA (SMA/SMK) tak perlu lagi membeli buku-buku pelajaran yang mahal, cukup download saja, karena urusan copyright (lisensi) sudah merupakan urusan pemerintah.
Web yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan yang satu ini siswa-siswa tingkat SD hingga SLTA (SMA/SMK) tak perlu lagi membeli buku-buku pelajaran yang mahal, cukup download saja, karena urusan copyright (lisensi) sudah merupakan urusan pemerintah.
http://www.ayo-sekolah.org
Situs E-learning Pendidikan Online Indonesia, dengan pemanfaatan teknologi informasi dan mendukung untuk sistem pembelajaran yang mandiri, cerdas dan penuh dengan kreatifitas. serta guru / tutor yang berpengalaman, bertanggung jawab serta berdedikasi tinggi dalam pendidikan di indonesia
Situs E-learning Pendidikan Online Indonesia, dengan pemanfaatan teknologi informasi dan mendukung untuk sistem pembelajaran yang mandiri, cerdas dan penuh dengan kreatifitas. serta guru / tutor yang berpengalaman, bertanggung jawab serta berdedikasi tinggi dalam pendidikan di indonesia
http://www.oke.or.id
Sebagaimana namanya (Open Knowledge & Education), website OKE adalah sebuah media untuk saling berbagi ilmu pengetahuan di seluruh disiplin ilmu.
OKE menampung materi apapun baik itu modul pelatihan, materi pembelajaran, contoh-contoh soal, aplikasi pembelajaran, presentasi, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan apapun.Seluruh isi (content) website ini dibagi dalam kategori-kategori sehingga bisa mempermudah user ketika mereka ingin mencari tutorial tertentu.
Sebagaimana namanya (Open Knowledge & Education), website OKE adalah sebuah media untuk saling berbagi ilmu pengetahuan di seluruh disiplin ilmu.
OKE menampung materi apapun baik itu modul pelatihan, materi pembelajaran, contoh-contoh soal, aplikasi pembelajaran, presentasi, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan apapun.Seluruh isi (content) website ini dibagi dalam kategori-kategori sehingga bisa mempermudah user ketika mereka ingin mencari tutorial tertentu.
http://www.edmodo.com
Saat pertama mengaksesnya, kita seakan sedang mengakses Facebook. Hanya facebook yang ini beda, karena mengkhususkan untuk pendidikan. Situs E-learning ini memang didesain seperti facebook. Situs ini tampaknya ingin memadukan fungsi E-learning sebagai media pembelajaran online dengan kemampuan social network seperti facebook untuk saling terhubung dan sharing informasi dan konten-konten (materi) pendidikan. Melalui edmodo, kita bisa berkolaborasi dan saling terhubung dengan guru/dosen dan mahasiswa/siswa di seluruh dunia dengan cara yang fun, seakan sedang mengakses facebook.
Saat pertama mengaksesnya, kita seakan sedang mengakses Facebook. Hanya facebook yang ini beda, karena mengkhususkan untuk pendidikan. Situs E-learning ini memang didesain seperti facebook. Situs ini tampaknya ingin memadukan fungsi E-learning sebagai media pembelajaran online dengan kemampuan social network seperti facebook untuk saling terhubung dan sharing informasi dan konten-konten (materi) pendidikan. Melalui edmodo, kita bisa berkolaborasi dan saling terhubung dengan guru/dosen dan mahasiswa/siswa di seluruh dunia dengan cara yang fun, seakan sedang mengakses facebook.
Portal ini adalah subdomain dari situs resmi
Sekolah Indonesia Singapura yang beralamat di http://sekolahindonesia.org.sg
yang diperuntukan khusus sebagai sarana pembelajaran online bagi guru-guru
serta siswa/i di lingkungan Sekolah Indonesia Singapura maupun Sekolah
Indonesia yang berada di luar negeri lainnya.
Sarana pembelajaran online merupakan sarana baru yang
diterapkan disekolah-sekolah diseluruh Indonesia sebagai alternatif yang dapat
menyediakan interaksi jarak jauh secara non-formal untuk melakukan kegiatan
pembelajaran dalam memperoleh materi pembelajaran, sumber belajar, panduan atau
bimbingan ataupun tutorial secara bertahap secara on-line dan real time ataupun
secara off-line..
http://ilmukomputer.org
Merupakan komunitas E-learning yang membagi literatur dan materi pembelajaran secara bebas dan gratis di bidang computing alias ilmu komputer dan teknologi informasi dalam bahasa Indonesia. Materi gratis dengan Lisensi Open Content tersedia dalam format PDF yang bebas untuk didownload.
Merupakan komunitas E-learning yang membagi literatur dan materi pembelajaran secara bebas dan gratis di bidang computing alias ilmu komputer dan teknologi informasi dalam bahasa Indonesia. Materi gratis dengan Lisensi Open Content tersedia dalam format PDF yang bebas untuk didownload.
http://www.digitalstudio.co.id
Digital Studio Workshop, sebuah Institusi pendidikan komputer grafis di 10 lokasi (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang).
Digital Studio Workshop, sebuah Institusi pendidikan komputer grafis di 10 lokasi (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang).
www.photopointindonesia.com
Tempat para fotografer pemula belajar dasar fotografi sampai ke tingkat mahir melalui kelas fotografi ataupun tukar menukar ilmu dengan para senior. Photopoint juga memberikan pengetahuan fotografi gratis di websitenya.
Tempat para fotografer pemula belajar dasar fotografi sampai ke tingkat mahir melalui kelas fotografi ataupun tukar menukar ilmu dengan para senior. Photopoint juga memberikan pengetahuan fotografi gratis di websitenya.
http://www.teknimedia.com
Disediakan bermacam-macam paket pelajaran atau semacam kursus dalam bentuk CD untuk mempelajari bermacam-macam ilmu komputer dan internet
Disediakan bermacam-macam paket pelajaran atau semacam kursus dalam bentuk CD untuk mempelajari bermacam-macam ilmu komputer dan internet
http://literature.domaindlx.com/josunter/e-school/
Situs berbahasa Indonesia ini menamakan dirinya e-school (sekolah-elektronik). Materi di sana kebanyakan berhubungan dengan dunia internet.
Situs berbahasa Indonesia ini menamakan dirinya e-school (sekolah-elektronik). Materi di sana kebanyakan berhubungan dengan dunia internet.
http://id.i-tutor.net
Situs paket belajar online yang lengkap untuk anak-anak berusia 7 s.d 12 tahun seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Situs paket belajar online yang lengkap untuk anak-anak berusia 7 s.d 12 tahun seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
http://www.findtutorials.com
Situs gerbang pencari situs tutorial online di web ( 700 kategori, 4000 tutorial)
Situs gerbang pencari situs tutorial online di web ( 700 kategori, 4000 tutorial)
http://www.angelfire.com/journal/brownrb/index.html
Situs tentang Lifelonglearning dan mengklaim telah diakses lebih dari 10 juta orang.
Situs tentang Lifelonglearning dan mengklaim telah diakses lebih dari 10 juta orang.
8. Daftar Pustaka
Koswara, E. (2006): Konsep
Pendidikan Tinggi Berbasis E-learning : Peluang dan Tantangan. Prosiding
Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia ITB
Moore, M.G. & Kearsley, G. (2010). Distance Education:
A sistems view. New York: Wadsworth Publishing Company
Natakusumah, E.K. (2002); Multimedia sebagai sarana
pembelajaran; Lokakarya Multimedia sebagai sarana pembelajaran metode learning
based; DUE-Like TPB ITB
Rosenberg, M.J. (2009). E-learning : Strategies for
Delivering Knowledge in The Digital Age. The McGraw-Hill Companies Inc.
Verduin, J.R. & Clark, T.A. (2011). Distance Education:
The foundations of effective practice. San Francisco, CA: Jossey-Bass
Publishers.
Willis, B. (2012). Distance Education: A practical
guide. Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications.
JOKOWiN
Agustus 2013
Agustus 2013
( disarikan dari berbagai sumber )
6 komentar:
Hello I am so excited I found your blog, I really
found you by mistake, while I was looking on Google for something
else, Nonetheless I am here now and would just like to say thanks a lot for a marvelous post and a all round
interesting blog (I also love the theme/design), I don’t have
time to browse it all at the minute but I have bookmarked it and also included your RSS feeds, so when I have time
I will be back to read more, Please do keep up the superb b.
my page http://bestwoocommercethemes.blogspot.com/2014/04/best-woocommerce-and-wordpress-themes.html
I’m not that much of a online reader to be honest but your
sites really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website
to come back in the future. Many thanks
Here is my blog post :: juicing recipes for weight loss ()
This is a very good tip particulparly to those new to the
blogosphere. Simple but very precise info… Thank you for sharing this one.
A must read post!
Also visit my blog post ... CAMTASIA STUDIO WORKING SERIAL
But why does it have to be that cold and not 5 degrees warmer.
Open Outlook, click the Tools menu and point
to Account Settings. Put in your password, where it asks for a secure server ask your
ISP for support.
Also visit my page ... how to hack hotmail Password
Tap onto it and select the options you would like to deploy in your device.
Buyers that are still involved are being placed on a waiting list.
Service group 24 / 7 in the Usa and the United Kingdom.
Also visit my weblog - cydia download (http://na.gg)
ecigs, electronic cigarette, e cigarette, smokeless cigarettes, smokeless cigarettes, electronic cigarette brands
Posting Komentar